Mengenal TKDN dan Manfaatnya



TKDN merupakan kependekan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri. TKDN dapat diartikan sebagai persentase nilai komponen produksi baik barang maupun jasa yang dibuat di Indonesia. Nilai komponen produksi tersebut juga termasuk biaya pengangkutan untuk setiap barang dan jasa.

Beberapa jenis produk yang akan difasilitasi, yaitu produk industri alat kesehatan, farmasi, alat dan mesin pertanian, permesinan, elektronika, otomotif dan komponennya, telematika. Selain itu juga termasuk produk industri logam, kelistrikan, kimia, pupuk, keramik, semen, tekstil, dan produk industri kecil dan menengah (IKM).

Dalam beberapa instansi, jasa TKDN digunakan sebagai salah satu preferensi sebagai penentu kriteria pemenang pada proses pengadaan barang dan jasa. Adapun manfaat dari TKDN antara lain sebagai berikut.

Terciptanya lapangan tenaga kerja baru, karena setiap industri terus memproduksi barang atau jasa

Dorongan sertifikasi TKDN oleh Kementerian Perindustrian menjadikan para pelaku usaha berbondong-bondong mengikuti sertifikasi. Hal tersebut dilakukan agar dapat terus menghasilkan barang dan jasa.. 

Jika perusahaan melangsungkan produksi secara terus menerus, tenaga kerja atau karyawan akan tetap bertahan. Bahkan saat perusahaan meningkatkan kapasitas produknya, dibutuhkan tenaga kerja tambahan. Hal inilah yang memungkinkan penciptaan lapangan kerja.

Meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri

Adanya jasa TKDN mendorong para pengusaha untuk memproduksi barang dan jasa lokal. Artinya, penggunaan produk dalam negeri pun akan meningkat. Hal ini sesuai misi pemerintah yang ingin memperkuat kecintaan warga negara terhadap bangsa. Salah satu caranya dengan menggunakan produk dalam negeri.

Mengurangi ketergantungan terhadap produk luar negeri melalui pengoptimalan belanja pemerintah

Saat produksi dalam negeri meningkat dengan baik dari segi jumlah maupun kualitasnya, masyarakat cenderung membeli produk-produk dalam negeri. Kebiasaan ini akan mengurangi ketergantungan terhadap produk-produk asing.

Penambahan pemasukan pajak penghasilan (PPh) terhadap produk-produk yang dibuat di Indonesia

Setiap badan usaha dan perorangan yang telah memenuhi syarat wajib pajak, diwajibkan membayarkan pajak penghasilannya. Dalam hal ini, pengurusan jasa TKDN perannya turut berkontribusi menambah pemasukan PPh negara, lantaran TKDN sebagai pendapatan dari hasil penjualan produk pun meningkat.

Industri dalam negeri semakin berdaya saing di kancah pasar internasional

Jasa TKDN yang menawarkan pengurusan dan sertifikasi TKDN membantu perusahaan Anda dalam mengurus legalitas dokumennya. Semakin banyak industri yang tersertifikasi, kualitas industri dalam negeri akan meningkat. Dampaknya, industri kita semakin mampu bersaing  di kancah global.


Aturan Mengenai Perhitungan TKDN

Aturan yang menjelaskan mengenai penggunaan TKDN dan legalitas jasa TKDN diatur dalam sejumlah keputusan dan peraturan sebagai berikut.

  • Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2018 tentang Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.
  • Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri dan amanat UU No.3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, Pertamina dan perusahaan lainnya melakukan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).
  • Pasal 66 ayat (5) Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa pengadaan barang impor produk dapat dilakukan jika barang tersebut belum diproduksi di dalam negeri atau volume produksi dalam negeri tidak mampu memenuhi kebutuhan (permintaan pasar).
  • Peraturan Menteri Perindustrian No. 16 Tahun 2011 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri dan Peraturan Menteri Perindustrian No. 2 Tahun 2014 tentang Pedoman Penggunaan Produk Dalam Negeri Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.


Cara Mengurus Sertifikat TKDN

Saat ini telah tersedia jasa TKDN yang membantu Anda mengurus TKDN hingga prosesnya selesai. Sebelum menggunakan jasa, Anda juga perlu memahami langkah-langkah mengurus sertifikat TKDN. Tujuannya agar dapat memantau progres TKDN yang Anda percayakan kepada pihak jasa.

Jasa TKDN

Untuk mengurus sertifikat TKDN, industri atau perusahaan dapat mengajukan perhitungan secara mandiri. Hasil perhitungan diverifikasi oleh lembaga yang ditunjuk oleh Kemenperin. Lembaga yang dimaksud yaitu PT Surveyor Indonesia dan PT Sucofindo.

Pengurusan TKDN membutuhkan kelengkapan dokumen seperti tanda daftar perusahaan, akta pendirian perusahaan, laporan produksi satu tahun terakhir, dan sebagainya. Dokumen tersebut akan diverifikasi oleh petugas. Adapun biaya jasa TKDN yang dibutuhkan bervariasi tergantung jenis produk yang disurvei.


Sertifikat TKDN

Setiap perusahaan yang memproduksi produk dalam negeri akan mengurus sertifikat TKDN. Sertifikat ini merupakan bukti nilai TKDN dari sebuah produk. Artinya, setiap produk hasil produksi dalam negeri diharapkan telah tersertifikasi.

Kementerian Perindustrian bahkan menyediakan fasilitas sertifikasi gratis untuk perusahaan yang memenuhi syarat. Adapun beberapa syratanya seperti perizinan usaha dibuktikan dengan nomor induk usaha, akta pendirian, dan NPWP. Akan lebih mudah mengurusnya saat Anda mempercayakan kepada jasa TKDN pada PT MKI. Selain terpercaya, kami mengurus perizinan dengan cepat dan hasilnya jelas.


Jasa Pengurusan Sertifikat TKDN

Mengurus legalitas TKDN memiliki ketentuan, syarat, dan prosedur sesuai dengan peraturan pemerintah. Jika ingin mendapatkan sertifikat TKDN, Anda harus mengikuti ketentuan yang berlaku. 

Prosesnya bisa saja panjang, mengingat cukup banyak kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Belum lagi diperlukan verifikasi dokumen oleh petugas. Namun, mengurus sertifikat TKDN penting bagi sebuah perusahaan. Apalagi, produk yang dihasilkan cukup beragam. Dengan standarisasi produk dalam negeri, produk perusahaan Anda akan lebih bernilai.

Jika di perusahaan Anda tidak memiliki tim legal, sebaiknya Anda menggunakan jasa TKDN untuk mengurus keperluan dari awal hingga sertifikatnya diterbitkan. Jasa TKDN bukan berarti prosesnya cepat, tetapi sertifikasi TKDN Anda bisa langsung dihubungkan kepada bagian hukum terkait.

Jasa pengurusan TKDN menawarkan berbagai kemudahan bagi Anda. Dimana pasti, jasa tersebut juga legal, bahkan diurus oleh lembaga yang telah berbadan hukum. Berikut ini keuntungan menggunakan jasa TKDN.

1. Terjamin

Jasa pengurusan perizinan yang profesional memberikan banyak keuntungan. Dokumen perizinan dan TKDN yang Anda ajukan aman dan terjamin. Hal ini karena jasa tersebut telah berbadan hukum,sehingga mematuhi peraturan penyelenggaraan jasa secara profesional.

Hasil sertifikat TKDN pun merupakan dokumen resmi yang diakui di mata hukum. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mempercayakan dokumen kepada jasa perizinan. Dokumen tersebut sah dan dijamin berlaku sesuai ketentuan perundang-undangan.

2. Berpengalaman

Keuntungan sekaligus yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih jasa TKDN. Mulai temukanlah jasa perizinan yang telah beroperasi dalam kurun waktu relatif lama. Semakin lama perusahaan beroperasi, pengalaman dalam melayani konsumen akan terus meningkat.

Dengan pengalaman tersebut, pengurusan TKDN berjalan lancar dengan proses yang efektif. Anda tentu lebih mudah mempercayakan sesuatu saat pihak tersebut telah ahli atau berpengalaman bukan?

3. Proses Lebih Mudah

Jasa TKDN biasanya telah bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait, termasuk lembaga pemerintah yang mengurus verifikasi dokumen. Kerjasama ini memudahkan proses sertifikasi TKDN lebih mudah.

Jasa tersebut sudah dikenal oleh para petugas sehingga bisa disebut pengurusan lebih didahulukan. Meskipun demikian, prosedur pengurusan tetap sesuai ketentuan.

INFO LANJUT UNTUK PENGURUSAN TKDN
CALL / WA 0812 4966 2354





Tidak ada komentar:

Posting Komentar