Cara Mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat ISO 9001?

Ada dua syarat untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:

1. Telah menerapkan sistem manajemen mutu IS0 9001:2015 sekurang-kurangnya tiga bulan.
2. Lulus audit sertifikasi

Bagaimana mekanisme mengajukan audit sertifikasi?


Setelah organisasi anda menerapkan ISO 9001 sekurang-kurangnya 3 bulan, anda boleh mengajukan diri untuk diaudit ke badan sertifikasi yang dipilih.

Badan sertifikasi akan meminta anda untuk mengirimkan dokumen ISO 9001 seperti pedoman mutu, kebijakan mutu, sasaran mutu, 6 prosedur wajib, prosedur kerja departemen / bagian. 

Anda juga diminta untuk mengirimkan bukti pelaksanaan internal audit dan rapat tinjauan manajemen



Berapa lama proses audit sertifikasi?

ISO merupakan sebuah organisasi internasional yang mengurusi masalah standarisasi yang dijadikan sebagai patokan di seluruh dunia. Organisasi ini pertama kali didirikan di Swiss dan telah banyak mengeluarkan berbagai keputusan terkait dengan standarisasi yang digunakan oleh seluruh masyarakat dunia.

Dalam membuat sebuah standarisasi yang baik, ISO tidak sembarangan menetapkannya tanpa melihat berbagai faktor. Karena hal yang terkait merupakan hal yang menyangkut masyarakat seluruh dunia, maka dari itu dalam hal ini anggota yang bekerja di ISO harus bisa memperhatikan kesetaraan mutu di setiap negara, padahal seperti yang kita ketahui bahwa setiap negara memiliki nilai tersendiri yang dianut masing-masingnya. Demi menjadikan standar yang adil maka dari itu pihak ISO tidak gegabah dan kemudian merekrut karyawan dari berbagai negara untuk bergabung dalam organisasi tersebut guna memberikan adanya keseimbangan pada setiap standarisasi yang dibuat.

Salah satu standarisasi yang dikeluarkan ISO adalah iso 9001 yang merupakan sebuah standarisasi untuk mutu perusahaan dan produk yang dihasilkan. Untuk mendapatkan sertifikat dari ISO biasanya perusahaan tertentu memerlukan sebuah konsultan iso agar bisa lolos dengan baik dalam seleksi ISO

Apabila perusahaan Anda membutuhkan Konsultan ISO, hubungi kami

CALL / SMS : 0812 4966 2354 ( TSEL )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar