ISO 37001 & Manfaat untuk Organisasi



Diluncurkan pada tahun 2016, ISO 37001 juga dikenal sebagai Sistem Manajemen Anti Penyuapan diciptakan untuk membangun kerangka kerja perusahaan untuk mencegah, mendeteksi dan menyelidiki kasus-kasus suap dan korupsi.

Suap adalah fenomena yang tersebar luas. Ini menimbulkan keprihatinan sosial, moral, ekonomi dan politik yang serius, merusak tata kelola yang baik, menghambat pembangunan, dan mendistorsi persaingan. Ini mengikis keadilan, melemahkan hak asasi manusia dan merupakan penghalang bagi pengentasan kemiskinan. Ini juga meningkatkan biaya melakukan bisnis, memperkenalkan ketidakpastian dalam transaksi komersial, meningkatkan biaya barang dan jasa, dan mengurangi kualitas produk dan layanan, yang dapat menyebabkan hilangnya nyawa dan properti, menghancurkan kepercayaan pada lembaga, dan mengganggu operasi pasar yang adil dan efisien.

Pemerintah telah membuat kemajuan dalam menangani penyuapan melalui perjanjian internasional seperti Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Konvensi Pembangunan tentang Pemberantasan Suap Pejabat Publik Asing dalam Transaksi Bisnis Internasional dan Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa melawan Korupsi dan melalui undang-undang nasional mereka. Di sebagian besar yurisdiksi, merupakan pelanggaran bagi individu untuk terlibat dalam penyuapan, dan ada kecenderungan yang berkembang untuk membuat organisasi serta individu bertanggung jawab untuk itu.

Namun, hukum saja tidak cukup untuk menyelesaikan masalah ini. Organisasi memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi secara proaktif dalam memerangi penyuapan. Ini dapat dicapai dengan sistem manajemen anti-penyuapan, yang dimaksudkan untuk disediakan oleh dokumen ini, dan melalui komitmen kepemimpinan untuk membangun budaya integritas, transparansi, keterbukaan, dan kepatuhan. Sifat budaya organisasi sangat penting untuk keberhasilan atau kegagalan sistem manajemen anti-penyuapan.

Organisasi yang dikelola dengan baik diharapkan memiliki kebijakan kepatuhan yang didukung oleh sistem manajemen yang tepat untuk membantunya mematuhi kewajiban hukum dan komitmen terhadap integritas. Kebijakan anti-penyuapan adalah komponen dari kebijakan kepatuhan secara keseluruhan. Kebijakan anti-penyuapan dan sistem manajemen pendukung membantu organisasi untuk menghindari atau mengurangi biaya, risiko, dan kerusakan keterlibatan dalam penyuapan, untuk meningkatkan kepercayaan dan kepercayaan dalam transaksi bisnis dan untuk meningkatkan reputasi



Mengapa Anda membutuhkan ISO 37001?


Tanggung jawab perusahaan

Perusahaan bertanggung jawab atas proses bisnisnya sendiri. Harus memastikan bahwa semua proses bisnis dilakukan dengan cara yang benar sambil secara bersamaan memastikan kesejahteraan karyawannya. Kehadiran SMAP sangat membantu. Perusahaan dengan SMAP dapat menghindari tuduhan suap yang disengaja.


Kepatuhan terhadap peraturan

Kepatuhan terhadap peraturan meningkatkan reputasi dan kredibilitas perusahaan dan juga membuka peluang lebih besar untuk mengembangkan bisnis. Salah satu cara untuk membuktikan kepatuhan perusahaan adalah dengan mengambil sertifikasi ISO. Untuk sistem manajemen anti-penyuapan, ISO memberi kita ISO 37001: 2016.


Kontrol pengukuran

Penelitian ini menemukan bahwa tindakan suap dapat menelan biaya lebih dari 46 persen lebih dari lima persen dari pendapatan tahunan mereka. Kerugian mereka sulit dilacak karena tidak ada standar yang tepat untuk dipatuhi. Kontrol pengukuran dan indikator yang disediakan oleh sistem manajemen Anti Penyuapan membuatnya lebih mudah untuk mendeteksi perilaku yang tidak pantas.


Komitmen terhadap integritas

Menerapkan sistem manajemen anti-penyuapan menunjukkan bahwa perusahaan memiliki komitmen terhadap integritas dan dapat menjadi mitra yang dapat dipercaya, loyal, dan dapat diandalkan. Perusahaan dengan integritas tinggi memiliki peluang lebih besar untuk tumbuh dan bekerja sama dengan entitas lain.


BUTUH ISO 37001 - WA 0812 4966 2354


Tidak ada komentar:

Posting Komentar