Bagaimana Cara Mendapatkan ISO 37001 ?


Dalam suatu organisasi, penerapan ISO 37001 sangat penting dilakukan. Bahkan organisasi-organisasi saat ini dianjurkan untuk memiliki serifikasi ISO 37001. Lantas, kira-kira bagaimana sih cara mendapatkan ISO 37001?

Tenang saja, pada artikel ini akan dibahas cara mendapatkan ISO 37001 beserta langkah-langkahnya. Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini agar suatu organisasi mendapatkan pengakuan yang kredibel dari pihak luar.

Cara Mendapatkan ISO 37001

Ketika sebuah organisasi memperoleh sertifikasi ISO 37001 maka akan dipandang  sudah didukung oleh pihak luar yang kredibel dan independen sehingga perusahaan terbukti sudah menerapkan syarat ISO 37001.

Untuk itu, penting bagi pemilik perusahaan untuk mengetahui apa itu ISO 37001 beserta cara mendapatkan ISO 37001. Yuk simak bahasan selengkapnya di bawah ini:

1. Pengertian ISO 37001

Bahasan awal yang perlu diulas dalam artikel ini ialah Apa itu sertifikasi ISO 37001.  Jadi, sertifikasi ISO 37001 ini menjadi cerminan pada perkembangan praktik akti-penyuapan. Dalam hal ini organisasi perusahaan harus bisa memiliki tanggung jawab.

Inovasi dari ISO 37001 ialah menawarkan suatu pendekatan dimana terbilang lebih terstuktur bahkan mendalam. Khususnya, terkait anti-penyuapan yang belum diterapkan sebelumnya.

Agar perusahaan bisa menerapkan ISO 37001 maka harus dibahas mengenai tutorial cara mendapatkan ISO 37001. Agar bisa menerapkan sertifikat ISO 37001 ini maka perusahaan harus bisa membuat sistem manajemen anti penyuapan dalam kegiatan organisasinya.


2. Persyaratan Sertifikasi ISO

Agar proses sertifikasi ISO Anda jauh lebih mudah dan berjalan lancar serta cepat. Maka Anda harus memenuhi syarat sertifikasi ISO 37001. Adapun persyaratan mengenai sertifikasi ISO ialah sebagai berikut:

  • Akta Pendirian dan Perubahan Perusahaan
  • Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • SBU (opsional)
  • Kop surat dari perusahaan Organisasi

Setelah memenuhi syarat tersebut Anda bisa mengajukan sertifikasi ISO 37001. Ternyata sertifikasi ini juga disebut sebagai SMAP atau Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Dengan hal tersebut maka perusahaan diharapkan terhindar dari tindak korupsi.

Langkah-Langkah Memperoleh ISO 37001

Agar bisa mendapatkan ISO 37001 dengan mudah, maka Anda dapat menggunakan cara mendapatkan ISO 37001 di bawah ini:

Langkah 1 : Memiliki Komitmen Manajemen Puncak

Langkah awal yang harus dilakukan yakni manajemen puncak harus bisa memperlihatkan komitmen atau tekad dalam menerapkan SMAP atau sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001. Sertifikasi ini termasuk elemen yang penting dalam sistem manajemen anti penyuapan.

Namun, secara fakta penelitian melihat bahwa ini yang menjadi salah satu faktor dengan dampak yang dibilnang paling prediktif terhadap keberhasilan dari tindakan yang direncanakan yakni anti suap.

Manajemen puncak ini harus bisa menampilkan bukti komitmen sebagai upaya mengembangkan dan mengimplementasikan sistem manajemen anti penyuapan. Bahkan juga meningkatkan efektivitas yang dimiliki.

Langkah 2 : Membutuhkan Tim Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan

Langkah selanjutnya yang bisa dicoba ialah membentuk suatu tim fungsi kepatuhan anti penyuapan. Dalam hal ini, ISO 37001 memberlakukan pembentukan tim anti penyuapan secara wajib.

Tim ini terdiri dari beberapa orang yang tergabung dimana memegang peranan sebagai koordinator. Adapun koordinator ini diharapkan memberikan arahan adalam merencanakan, implementasi maupun mengawasi pelaksanaan ISO 37001.

Demi kelancaran ISO maka Anda bisa memastikan bahwa posisi ini bisa diisi oleh seseorang yang memiliki kepahaman akan perusahaan, cekatan, kompoten dan memahami dengan baik syarat ISO 37001. Regulasi yang lebih lengkap bisa menggunakan pihak berwenang.

Adapun standar ISO 37001 : 2016 dimana mewajibkan fungsi kebutuhan anti-penyuapan yang dikelola oleh sosok yang memiliki kompetensi, wewenang, bahkan status yang dimiliki.

Langkah 3 : Memeriksa dan Identifikasi Kondisi Saat Ini

Manfaat ISO 37001 ialah untuk mencapai tujuan penerapan ISO 37001 yakni menciptakan sistem manajemen yang bersih dan manajemen anti penyuapan dimana sesuai dengan syarat ISO 37001.

Hal ini tidak menghalangi Anda daalam memasukkan, menambhkan program, ataupun mengadaptasi dan melihat kode etik yang telah ada sebelumnya. Untuk itu, langkah selanjutnya yakni Anda bisa mencoba membandingkan ssitem manajemen yang ada.

Sisitem manajemen ini kemudian harus disambungkan lebih dulu. Adapun organisasi lebih berproses pada pembuatan diagram alir proses maupun proses bisnis organisasi yang telah ada.

Sejumlah besar prosedur yang tertulis juga menjadi syarat pada ISO 37001 mungkin telah ada. Apabila belum ada, maka harus dibuat lebih dulu. Hal-hal yang wajib dilakukan pada ISO 37001 tersebut sudah didokumentasikan atau belum

Jika Anda cukup pusing dalam mendapatkan ISO 37001 tersebut. Maka Anda bisa mencoba cara yang lebih simpel yakni menggunakan jasa yang bisa menyediakan sertifikasi ISO 37001.

Dengan jasa ini, maka Anda sebagai pemilik perusahaan tak perlu kebingungan dan khawatir lagi. Bahkan proses mendapatkan ISO 37001 ini sangat simpel dan bisa dilakukan dengan cepat. Namun, Anda harus memilih jasa pembuatan ISO 37001 yang kredibel dan terpercaya.

Jika Anda ingin mendapatkan gambaran mengenai layanan yang disediakan oleh penyedia jasa pengurusan ISO, maka Anda dapat menghubungi pada 


   WA 0812 4966 2354




Tidak ada komentar:

Posting Komentar