Bagaimana Cara Mendapatkan ISO? Ikuti 5 Langkah Berikut!

ISO atau International Standard of Organization merupakan sebuah standar dengan skala internasional yang mengatur berbagai hal seperti Standar Manajemen Mutu, Manajemen Lingkungan, dan sebagainya.

Kehadiran ISO sebagai sebuah peraturan atau standar dalam sebuah perusahaan menjadi indikator bagaimana perusahaan tersebut bertanggung jawab kepada produk, konsumen, bahkan pekerjanya. Di samping itu, penggunaan ISO juga nyatanya membawa nilai prestige yang meningkatkan kepercayaan pihak eksternal terhadap perusahaan.

Namun bagaimana cara mendapatkan ISO?

Cara mendapatkan ISO tidak bisa semudah mengikuti ujian atau mendaftar pada lembaga tertentu. Ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan ISO. Berikut cara-cara mendapatkan ISO yang harus Anda lakukan!

Perusahaan Telah Melakukan Kegiatan Usaha seminimalnya 3 bulan

Untuk mendapatkan sertifikat ISO, disarankan sebuah perusahaan telah melakukan kegiatan usaha seminimalnya 3 bulan. Karena dengan kurun waktu tersebut, perusahaan sudah memiliki sistem atau proses yang dapat dijadikan indikasi untuk penilaian dari konsultan ISO.

Sebagai pemilik usaha juga akan lebih mudah untuk lanjut ke tahap selanjutnya yaitu memilih ISO mana yang sesuai karena baik secara struktur, sistem, maupun budaya kerja sudah mulai terbangun.

Tentukan ISO yang ingin digunakan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan ISO adalah menentukan apa yang akan Anda standarisasi.

Apakah Anda akan berfokus pada kualitas/mutu produk, kemanan siber (cyber security), sistem manajemen lingkungan, atau bahkan standar kesehatan dan keamaan.

Jika Anda sudah menentukan, Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Menetapkan SDM sebagai Working Group

Sebelum melakukan sertifikasi ISO, bentuklah tim yang terdiri dari ketua proyek dan anggota tim. Dalam satu tim minimal terdiri dari dua orang yang salah satunya harus diisi pimpinan departemen atau top management. Hal ini dikarenakan sebagai pemenuhan fungsi leadership.

Ikuti Training Sertifikasi ISO

Cara mendapatkan ISO selanjutnya adalah dengan mengikuti training sertifikasi ISO. Tentu Anda harus memilih lembaga training yang terpercaya, berkualitas, serta legal dalam memberikan sertifikasi ISO.

Tidak perlu bingung, kami merupakan lembaga training yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Memiliki lisensi resmi dan telah berdiri sejak 20 tahun yang lalu, kami telah melayani berbagai sertifikasi ISO yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Melakukan Pengawasan dan Audit Berkala

Setelah Anda menerapkan sertifikat ISO, Anda tidak bisa lantas berpuas diri. Anda tetap harus melakukan sosialisasi kepada seluruh karyawan, pengawasan dalam penerapan, serta internal audit yang berfungsi sebagai tolak ukur apakah apa yang diterapkan telah sesuai dengan kalusul-klausul yang terdapat dalam ISO.

Itulah 5 cara mendapatkan ISO bagi Anda yang belum menerapkan peraturan ini sebagai standar berskala internasional di perusahaan Anda. Sejatinya sertikasi ISO dapat membantu bisnis Anda dengan pengembangan efektivitas dan reputasi dari perusahaan dibanding kompetitor yang belum memiliki ISO.

Informasi lebih detil silahkan hubungi Kami 

CALL / WA 0812 4966 2354

ATAU KLIK LINK WA DIBAWAH INI 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar